Jumat, 04 Juni 2010

Sejarah Asal Usul Kata Jaset Dalam Umpatan Masyarakat.

Ilustrasi: Seseorang mengucapkan Jaset. doc 2010
                       JASET JAZET JASIT JAZIT niku senajane sanes kangge "kata umpatan" utawi kangge misuh. sejatine kata- kata niku kangge pepe-eling kangge umat manungso. Duko tahun pinten, jaset jazet jasit jazit niku ten njawi amargi kangucap saking CAH kang asmane anas arrosyid hanafi.

Pas tesih manggen ing tlatah Jawa Wetan kang bagaian ngilen sejatine kuto PONOROGO pun bar niku menyang  MAGETAN kangge sekolah SD. Bar ngoten pindah ing kuto GRESIK kang tetonggoan kaleh daerah SUROBOYO, kang gadah uni- uni misuhe : JANCOK/ JANCUK sing ing kuping yen di rungakake ati engkang keroso jengkel.

Sejatine mboten benten kaleh tlatah kulonan, yen daerah kulonan biasa kaleh misuh kados : JAN Tenan, JOH Ngasoh, Jiaran, Huasu, Muatamu, Tempe, Setan Alas etc. Nah Jan Tenan ngeten niki sejatine meh sami kalih Jancok... Permasalahane niku mboten ecoh tur sae damel pendengaran, la leres te? Rumangsamu pripun di uneni Juancuk saben wayah? hahahaha

La pas anas niku mau sing sejatine gawan basa jawa kulonan mau, sanget asing ing kupinge kanca- kancane, anas kekadang di "enyek poyoki" kaleh kancane. " heh! omonganmu gak iso ta di gawe omongane wong gresik". Amargi gresik misuhane kades bongsone Jancok niku mau, Dados ngoten anas ndamel kata- kata misuhan ingkang khas kang unine JASET/ JAZET/ JASIT/ JAZET.

Bar ngoten anas damel Jaset kang dados misuhan kebiasaaan saben dinten. Ngertosi niku, katah rencange anas niru lan damel misuhan. Nopo'o kaleh rencange anas kok ndamel misuhan Jaset?, alasane amargi JASET niku yen di rungoakne kaleh kuping ora se- MENCOLOK banget kaleh JANCOK.
               
           Artinnya JASIT adalah JAlarane SItok ( Sumbernya Hanya Satu ) atau (JAlarane SETan). Bahkan sekarang ini jumlah penuturnya sangat banyak dan semakin bertambah banyak, karena di anggap sebagai lebih baik dari pada kata jancok.

             Teman - teman dari anas sebagaian besar mengamalkan Jaset yang sebagaian besar juga dari luar Gresik, seperti  SUROBOYO, JEMBER, MALANG, PESISIR, MEDION, JUGJO, dan banyak lagi yang tidak dapat di sebutkan satu persatu.
                 
             Anas Eng Kian menjelaskan bahwa kata Umpatan tersebut hasil modifikasi dari Jancok/Jancuk/ Diancuk juga Jangkrik sehingga menghasilkan sebuah kata baru yaitu JASIT yang bisa diungkapkan seperti jaset jasit jazet jazit. karena bagi anas, kata umpatan yang di ciptakannya tersebut akan membawa dampak lebih baik pada kehidupan sosial warga AREKAN kedepannya.

 sebagai contoh: Jancok pun bisa menjadi Jancik dan dapat menjadi JA'IK, nah pemikiran anas ini dimana orang-orang akan meninggalkan Jancok karena sangat saru dan berpindah ke JASET, dimana jaset ini nanti akan berubah menjadi JA'ET dan menuju ke HA'E HA'E HO'YA.
               
               sebuah kata yang biasa di sorakan oleh para senggak dalam pertunjukan Reyog Ponorogo, dalam arti dapat menjadi daya tarik sendiri dalam bertutur kata. Menurut anas stiap orang selalu berfikir bahwa orang yang mengumpat sadar bahwa yang diucapkannya akan menimbulkan Dosa. tentu saja orang tidak mau mencetak dosa dalam kehidupan abadinya kelak, dengan cara menekan kata umpatan tersebut menjadi lebih singkat. ini akan menjadi promosi dan daya tarik tersendiri seseorang kepada Reyog.

              Arti  kata JAZIT yang utama adalah "JAZakumulloh khoIrn kaTsiron" yang berarti, Semoga Allah memberi balasan yang lebih baik, semoga saja Tuhan memberikan hidayah kepada para pelaku ini. Dalam tradisi islam, Kalimat ini merupakan sebuah doa yang di tujukan kepada sesama dengan harapan mendapat belasan yang lebih baik.


*Jancok  Ke Jancuk Ke Jancik Ke Ja'it
*Jangkrik Ke Jangkrek Ke Ja'ed
*Jaset Ke Jazit Ke Ja'it Ke Ja'et hingga menuju ke level HA'E HA'E HO'YA, Salam Budaya Bertutur Kata
*Tahun 2004 kata Jaset lahir di bumi, Populer dan tersebar pada tahun 2008.
*Kelahiran Jaset di dunia membawa misi yang mulia, agar seluruh orang tidak menghalalkan umpatan Jancok yang kini banyak diamalkan di sekitar masyarakat, sekolahan, pondokan, bahkan hingga kalangan guru, pastur, orang tertinggi, orang kecil kiai, politisi,... "

"Namun dengan mengunggulkan Jaset Jazet Jasit Jazit akan lebih terasa HALAL daripada para Jancok bersaudara wkwkwkkw". Fatwa Jazitiyah 1.

Mari merubah diri kita yang buruk ini untuk menjadi lebih baik, Ingat JAZIT!!! sesuatu yang berharga diberikan kepada kita oleh tuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tambahkan Komentar Via FB